Search here and hit enter....

Cara Mempercepat Booting Windows 10 (Speed Boot)

advertise here
Halo Selamat datang di artikel saya kali ini. Pada kesempatan ini saya akan memberikan sebuah tutorial yaitu tentang Cara Mempercepat Proses Booting Windows 10 yang bisa sobat praktekkan dengan mudah di dalam sistem operasi Windows 10 yang sobat gunakan di Komputer atau Laptop sobat.                           
Cara Mempercepat Booting Windows 10 (Speed Boot)
Booting merupakan sebuah proses dimana perangkat komputer atau laptop sedang menyala dan sedang melakukan Load terhadap program atau sistem yang ada dalam Sistem Operasi. Hal ini terkadang akan memakan waktu yang sangat lama apalagi pada spek komputer atau laptop yang rendah. Tentunya hal seperti itu akan sangat membuat sobat kesal apalagi saat sedang terburu buru ingin mengerjakan tugas atau ada hal penting lainnya yang membutuh kan Laptop akan tetapi terhambat dengan lamanya proses Booting.

Terkadang lama tidaknya proses booting itu sendiri dipengaruhi oleh banyak nya aplikasi Startup yang ada pada sistem operasi. Aplikasi Startup adalah aplikasi yang berjalan ketika PC atau Laptop baru saja dinyalakan sehingga akan berdampak pada waktu booting.

Nah bagi sobat yang ingin mengetahui Cara Mempercepat Proses Booting Windows 10 pada PC atau Laptop sobat silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

Cara Mempercepat Proses Booting Windows 10

1. Silahkan sobat panggil menu Run dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard dan ketikkan disana perintah msconfig perintah ini akan memanggil sebuah jendela yang berisi menu tentang pengaturan startup Windows.

2. Kemudian setelah beberapa saat akan muncul jendela baru system configuration

3. Pertama silahkan sobat klik pada tab boot lalu perhatikan pada menu Boot options. sobat bisa centang pada No GUI Boot. Yang berfungsi untuk mematikan logo windows saat proses booting yang otomatis bisa lebih mempercepat proses booting windows 10. Lalu sobat bisa klik pada Advanced Options

4. Setelah jendela Advanced Options terbuka, Silahkan centang pada number of processors lalu pilih angkanya yang paling besar, banyaknya angka yang tersedia dipengaruhi oleh jumlah core yang ada di Processor PC sobat. Hal ini berguna untuk mempercepat proses booting karena jumlah prosesor yang membantuk booting lebih banyak.

5. Kemudian pindah ke tab Service. Disini sobat akan bisa melihat service atau layanan apa saja yang di proses oleh pc saat proses booting, jika terlalu banyak service yang dimuat tentu akan sangat memperlambat waktu dari proses booting yang di lakukan PC. Oleh karena itu silahkan sobat matikan service yang diperlukan agar proses booting bisa lebih cepat.

6. Kemudian sobat beralih ke tab startup. Pada windows 10 startup harus diakses melalui Task manager lalu klik pada tab Startup. Disini kita akan bisa melihat software apa saja yang di muat ketika proses booting pada PC. Sobat bisa mematikan startup dari software yang tidak diperlukan untuk mempercepat proses Booting pada PC Windows 10.

7. Jika semua sudah selesai di atur maka silahkan sobat klik Apply dan OK pada jendela Msconfig tadi dan kemudian pilih restart now untuk menerapkan perubahannya. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa proses booting PC sobat akan lebih cepat dari biasanya.

Mudah bukan cara agar booting pada windows 10 speednya cepat anda bisa menerapkannya di windows 8 juga tentu sobat bisa menerapkannya pada PC sobat dirumah masing masing.

Silahkan bagikan artikel ini dengan mengklik tombol share dibawah dan jangan lupa juga untuk meninggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya.

BERIKAN KOMENTAR ()