Search here and hit enter....

Cara Install Mikrotik di Virtual Box

advertise here

Mikrotik adalah sistem operasi atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk computer. Komputer tersebut akan dijadikan router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang telah dibuat oleh IP network dan jaringan wireles, hal ini sangat cocok digunakan oleh ISP provider hotspot dan warnet. Mikrotik didesain untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang atau membangun sebuah jaringan dari jaringan yang berskala kecil hingga jaringan yang kompleks sekalipun.

Dalam dunia router mesin yang berfungsi sebagai alamat di internet, Cisco merupakan nama yang sudah tidak diragukan lagi. Tetapi didunia lain nama mikrotik yang berbentuk perangkat lunak atau software hannya dikenal sebagai penyedia solusi harga murah untuk router, bahkan kita dapat membuat router sendiri dari komputer atau laptop di rumah.

Untuk negara berkembang solusi mikrotik sangat membantu ISP atau perusahan-perusahaan kecil yang ingin sekali bergabung dengan internete. Walaupun saat ini sudah banyak tersedia perangkat router kecil atau router mini yang sejenis NAT dalam beberapa kondisi penggunaan komputer dan software mikrotik merupakan solusi terbaik.

Mikrotik merupakan sistem operasi yang diperlukan sebagai network router. Mikrotik sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer bisa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang telah dibuat hannya untuk IP network dan jaringan wireless.

Biasanya mikrotik digunakan untuk konfigurasi LAN dengan hannya mengandalkan mikrotik router, memblokir situs situs yang anda inginkan seperti situs sirus terlarang, pembuatan PPPoE server, pemisahan bandwitch sesuai yang Anda inginkan dan masih banyak kegunaan lainnya.

Cara Install Mikrotik di Virtual Box

1. Buka virtual box, lalu klik new pada pojok kiri atas
2. Kemudian isi nama, type dan version untuk nama terserah Anda, type gunakan other, dan version gunakan other/unknow jika selesai next
3. Gunakan RAM dengan recommended 64 MB. Untuk contoh saya gunakan 500 MB.
4. Tekan greate
5. Next
6. Next saja
7. Untuk kapasitas hardisk bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Contoh yang saya gunakan saya menggunakan 1 GB.
8. Lalu tekan mikrotiknya dan start
9. Kemudian masukkan os mikrotik dan tekan start
10. Tekan tombol "a" untuk mencentang semuanya artinya semua yang dicentang akan diinstall. Jika sudah tekan tombol "i" untuk memulai prosess instalasi dan pada saat proses instalasi ada tulisan y/n tekan saja "y" dan next.
11. Kemudian riset atau restart. Pada saat restart tekan F12 lalu angka 1.
12. untuk login tulis saja username : admin dan paswordnya biarkan kosong lalu enter.

Diatas adalah tutorial Cara Install Mikrotik di Virtual Box, jika ada yang ingin ditanyakan Anda bisa menanyakannya di kolom komentar dan jika ada pertannyaan lain seputar mikrotik Anda bisa menyakannya di komentar. Tidak hannya itu saya juga membutuhkan beberapa saran dan masukan tentang blog ini agar menjadi lebih baik, terimakasih.

BERIKAN KOMENTAR ()